Selasa, 18 Mei 2010

Wewenang lini, staf dan fungsional

Wewenang lini, staf dan fungsional
  1. Wewenang lini, adalah wewenang dimana atasan melakukannya atas bawahannya langsung. Yaitu atasan langsung memberi wewenang kepada bawahannya, wujudnya dalam wewenang perintah dan tercermin sebagai rantai perintah yang diturunkan ke bawahan melalui tingkatan organisasi.

  2. Wewenang staf, adalah hak yang dipunyai oleh satuan-satuan staf atau para spesialis untuk menyarankan, memberi rekomendasi, atau konsultasi kepada personalia ini. Kualifikasi yang harus dipenuhi oleh orang yang duduk sebagai taf yaitu dengan menganalisa melalui metode kuisioner, metode observasi, metode wawancara atau dengan menggabungkan ketiganya. Baishline mengajukan enam pokok kualifikasi yang harus dipengaruhi oleh seorang staf yaitu :

1. Pengetahuan yang luas tempat diamana dia bekerja
2. Punya sifat kesetiaan tenaga yang besar, kesehatan yang baik, inisiatif, pertimbangan yang baik dan kepandaian yang ramah.
3. Punya semangat kerja sama yang ramah
4. Kestabilan emosi dan tingkat laku yang sopan.
5. Kesederhanaan
6. Kemauan baik dan optimis




Kualifikasi utama yaitu memiliki keahlian pada bidangnya dan punya loyalitas yang tinggi. Konsekkuensi organisasi yang menggunakan staf yaitu menambah biaya
administrasi struktur orgasisasi menjadi komplek dan kekuasaan, tanggung jawab serta akuntabilitas. yaitu memiliki keahlian pada bidangnya dan punya loyalitas yang tinggi. Wewenang staf Yaitu hak para staf atau spesialis untuk menyarankan, memberi rekomendasi konsultasi pada personalia yang tinggi, Hal yang perlu diperintahkan dalam mendelegasikan suatu kegiatan kepada orang yang ditujuk yaitu:

    1. Menetapkan dan memberikan tujuan serta kegiatan yang akan dilakukan

    2. Melimpahkan sebagian wewenangnya kepada orang yang di tunjuk

    3. Orang yang ditunjuk mempunyai kewajiban dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan agar tercapainya tujuan.

    4. Menerima hasil pertanggung jawaban bawahan atas kegiatan yang dilimpahkan.

  1. wewenang staf fungsional, adalah hubungan terkuat yang dapat dimiliki staf dengan satuan-satuan lini.

Chester Bamard mengatakan bahwa seseorang bersedia menerima komunikasi yang bersifat kewenangan bila memenuhi:

  1. Memahami komunikasi tersebut

  2. tidak menyimpang dari tujuan organisasi

  3. tidak bertentangan dengan kepeningan pribadi

  4. Mampu secara mental dan fisik untuk mengikutinya

Agar wewenang yang dimiliki oleh seseorang dapat di taati oleh bawahan maka diperlukan adannya.

    1. Kekuasaan ( power ) yaitu kemampuan untuk melakukan hak tersebut, dengan cara mempengaruhi individu, kelompok, keputusan. Menurut jenisnya kekuasaan dibagi menjadi 2 yaitu:




    1. Kekuasaan posisi ( position power ) yang didapat dari wewenang formal, besarnya ini tergantung pada besarnya pendelegasian orang yang menduduki posisi tersebut.

    2. Kekuasaan pribadi ( personal power ) berasal dari para pengikut dan didasarkan pada seberapa besar para pengikut mengagumi, respek dan merasa terikat pada pimpinan.

    1. Tanggung jawab dan akuntabilitas tanggung jawab ( responsibility) yaitu kewajiban untuk melakukan sesuatu yang timbul bila seorang bawahan menerima wewenang dari atasannya. Akuntability yaitu permintaan pertanggung jawaban atas pemenuhan tanggung jawab yang dilimpahkan kepadanya. Yang penting untuk diperhatikan bahwa wewenang yang diberikan harus sama dengan besarnya tanggung jawab yang akan diberikan dan diberikan kebebasan dalam menentukan keputusan-keputusan yang akan diambil.

    2. Pengaruh ( influence ) yaitu transaksi dimana seseorang dibujuk oleh orang lain untuk melaksanakan suatu kegiatan sesuai dengan harapan orang yang mempengaruhi. Pengaruh dapat timbul karena status jabatan, kekuasaan dan menghukum, pemilikan informasi lengkap juga penguasaan saluran komunikasi yang lebih baik.

Menurut sumber wewenang dibagi menjadi:

      1. Kekuasaan balas jasa ( reward power ) berupa uang, suaka, perkembangan karier dan sebagainya yang diberikan untuk melaksanakan perintah atau persyaratan lainnya.

      2. Kekuasaan paksaan ( Coercive power ) berasal dari apa yang dirasakan oleh seseorang bahwa hukuman ( dipecat, ditegur, dan sebagainya ) akan diterima bila tidak melakukan perintah,

      3. Kekuasaan sah ( legitimate power ) Berkembang dari nilai-nilai intern karena seseorang tersebut telah diangkat sebagai pemimpinnya.


      1. Kekuasaan pengendalian informasi ( control of information power ) berasal dari pengetahuan yang tidak dipercaya orang lain, ini dilakukan dengan pemberian atau penahanan informasi yang dibutuhkan.

      2. Kekuasaan panutan ( referent power ) didasarkan atas identifikasi orang dengan pimpinan dan menjadikannya sebagai panutan.

      3. Kekuasaan ahli ( expert power ) yaitu keahlian atau ilmu pengetahuan seseorang dalam bidangnya.

Keluasan wewenang dan kekuasaan. Semua anggota organisasi mempunyai peraturan, kode etik, atau batasan-atasan tertentu pada wewenang, seprti yang ditunjukan dibawah ini:

Batasan-batasan internal dan eksternal untuk wewenang dan kekuasaan:

  1. Internal:

    1. Anggaran (Budget)

    2. kebijaksanaan, peraturan, dan prosedur

    3. Deskripsi jabatan

    4. Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi

  1. Ekstern:

1. Udangan dan peraturan-peraturan pemerintah

2. Perjanjian kerja kolektif

  1. Perjanjian dengan dealer, supplier, dan pelanggan

MOBILE LINUX

I. Mobile Linux

Ponsel Linux pertama diluncurkan oleh Motorola pada bulan Februari 2003. Motorola seri A760 yang dirilis pertama kali di Cina ini menggunakan OS kombinasi dari kernel Linux yang didistribusikan oleh software Silicon Valley-based Monta Vista dan software lainnya dari bahasa pemrograman Java Sun Microsystems. Sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Google adalah Android. Platform software berbasis Linux diantaranya adalah MOTOMAGX dan Qtopia. MOTOMAGX merupakan platform Linux mobile dari Motorola. Produk pertama yang didasarkan pada platform ini adalah ponsel MOTOROKR Z6 dan MOTORAZR2 V8. Qtopia Phone Edition merupakan platform software dan antarmuka untuk Linux, yang dikembangkan oleh perusahaan Trolltech. Qtopia Greenphone, merupakan perangkat pengembangan Linux mobile yang ditujukan untuk berbagai aplikasi baru.

Kelemahannya adalah aplikasi tambahan yang belum banyak beredar, serta Linux dibangun untuk mengoprasikan sistem dengan tenaga besar, sehingga manajemen sumber daya baterai masih kalah efektif dibandingkan OS lainnya.

Kelebihannya adalah Linux sebagai OS yang ideal bagi ponsel karena dukungan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti IBM, Oracle, dan Intel. Selain itu, sistem ini nilai lebih fleksibel dan menawarkan memori yang lebih kecil serta bisa lebih dihemat.

Contoh ponsel ber-Linux OS: Haier N60, Motorola A760, E895, NEC N900iL, dan Samsung SCH-i519. Produk-produk PDA seperti Sharp SL-C3000, Sharp Zaurus SL-C1000, Compaq iPAQ, IBM e-LAP reference design, dan Nokia 770 Internet Tablet.

Pengertian Sistem Operasi

I.PENGERTIAN

Operating system (OS) atau yang sering di sebut sistem operasi adalah sekumpulan perintah dasar yang berperan untuk menjalankan dan mengoperasikan komputer .Sekarang ini banyak sekali macam-macam sistem operasi di pasaran baik yang asli ataupun yang bajakan.Ada beberapa sistem operasi yang biasa kita jumpai di pasaran diantranya Windows,Unix,Linux Dan masih banyak lagi yang lainya.Dari sekian banyak sistem operasi Yang beredar,sistem operasi milik perusahaan microsoft lah yang paling populer untuk para pengguna pc notebook,bahkan ponsel dan PDA sekalipun Dengan sistem operasi berbasis mobilenya .
Dari beberapa sistem operasi tersebut,Sistem operasi yang dapat digunakan secara bebas alias open sourc Asalah linux. sistem operasi ini biasa digunakan untuk tujuan pendidikan ,lain halnya dengan para vendor ponsel dan PDA ,Para vrndor ini lebih menyasarkan produknya untuk menggunakan sistem operasi mobile milik perusahaan microsoft yaitu windows. Sama seperti di pc atau notebook sistem operasi di PDA atau ponsel memiliki Beberapa versi dan tatap muka yang hampir sama ,mulai dari windows mobile versi 5.0 sampai dengan windows vista versi mobile .Vendor PDA atau ponsel yang biasa memakai sistem operasi tersebut diantaranya 02,Samsung.Doppod Dan sony ericson untuk beberapa type.

II.Perkembangan Sistem Operasi

Perkembangan sistem operasi Berawal dari altair,yaitu perangkat komputer pertama pada tahun 1975 yang menggunakan sistem operasi CP/M dan kemudian oleh perusahaan microsoft dirilis menjadi MS-DOS Dan berkembang dari MS-DOS versi 1.0 Pada tahun 1981 sampai MS-DOS versi 5.0 pada tahun 1991 dan sampai sekarang ini microsoft telah mengeluarkan beberapa sistem operasi mulai dari Ms-windows,windows97,windows98,windows98Me,Windows2000.Windows ME,Windows XP dan yang paling terbaru adalah windows vista yang terkenal dengan tatatp mukanya .


Rabu, 12 Mei 2010

KONFLIK

Konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.

defnisi konflik menurut beberapa ahli :

1. Menurut Taquiri dalam Newstorm dan Davis (1977), konflik merupakan warisan kehidupan sosial yang boleh berlaku dalam berbagai keadaan akibat daripada berbangkitnya keadaan ketidaksetujuan, kontroversi dan pertentangan di antara dua pihak atau lebih pihak secara berterusan.

2. Menurut Gibson, et al (1997: 437), hubungan selain dapat menciptakan kerjasama, hubungan saling tergantung dapat pula melahirkan konflik. Hal ini terjadi jika masing – masing komponen organisasi memiliki kepentingan atau tujuan sendiri – sendiri dan tidak bekerja sama satu sama lain.

3. Menurut Robbin (1996), keberadaan konflik dalam organisasi dalam organisasi ditentukan oleh persepsi individu atau kelompok. Jika mereka tidak menyadari adanya konflik di dalam organisasi maka secara umum konflik tersebut dianggap tidak ada. Sebaliknya, jika mereka mempersepsikan bahwa di dalam organisasi telah ada konflik maka konflik tersebut telah menjadi kenyataan.

4. Dipandang sebagai perilaku, konflik merupakan bentuk minteraktif yang terjadi pada tingkatan individual, interpersonal, kelompok atau pada tingkatan organisasi (Muchlas, 1999). Konflik ini terutama pada tingkatan individual yang sangat dekat hubungannya dengan stres.

5. Menurut Minnery (1985), Konflik organisasi merupakan interaksi antara dua atau lebih pihak yang satu sama lain berhubungan dan saling tergantung, namun terpisahkan oleh perbedaan tujuan.

TEORI-TEORI KONFLIK

Ada tiga teori konflik yang menonjol dalam ilmu sosial :

-Pertama adalah teori konflik C. Gerrtz, yaitu tentang primodialisme

-kedua adalah teori konflik Karl. Marx, yaitu tentang pertentangan kelas,

-ketiga adalah teori konflik James Scott, yaitu tentang Patron Klien.


Jenis-jenis konflik

Menurut Dahrendorf, konflik dibedakan menjadi 4 macam :

  • konflik antara atau dalam peran sosial (intrapribadi), misalnya antara peranan-peranan dalam keluarga atau profesi (konflik peran (role))
  • konflik antara kelompok-kelompok sosial (antar keluarga, antar gank).
  • konflik kelompok terorganisir dan tidak terorganisir (polisi melawan massa).
  • konflik antar satuan nasional (kampanye, perang saudara)
  • konflik antar atau tidak antar agama
  • konflik antar politik.
  • Akibat konflik

Hasil dari sebuah konflik adalah sebagai berikut :

  • meningkatkan solidaritas sesama anggota kelompok (ingroup) yang mengalami konflik dengan kelompok lain.
  • keretakan hubungan antar kelompok yang bertikai.
  • perubahan kepribadian pada individu, misalnya timbulnya rasa dendam, benci, saling curiga dll.
  • kerusakan harta benda dan hilangnya jiwa manusia.
  • dominasi bahkan penaklukan salah satu pihak yang terlibat dalam konflik.

Para pakar teori telah mengklaim bahwa pihak-pihak yang berkonflik dapat memghasilkan respon terhadap konflik menurut sebuah skema dua-dimensi; pengertian terhadap hasil tujuan kita dan pengertian terhadap hasil tujuan pihak lainnya. Skema ini akan menghasilkan hipotesa sebagai berikut:

  • Pengertian yang tinggi untuk hasil kedua belah pihak akan menghasilkan percobaan untuk mencari jalan keluar yang terbaik.
  • Pengertian yang tinggi untuk hasil kita sendiri hanya akan menghasilkan percobaan untuk "memenangkan" konflik.
  • Pengertian yang tinggi untuk hasil pihak lain hanya akan menghasilkan percobaan yang memberikan "kemenangan" konflik bagi pihak tersebut.
  • Tiada pengertian untuk kedua belah pihak akan menghasilkan percobaan untuk menghindari konflik Contoh konflik



Kepemimpinan dan Kaderisasi Dalam Keluarga Mahasiswa

Kepemimpinan dan kaderisasi merupakan dua hal yang saling berkaitan dalam pengembangan organisasi. Untuk menumbuhkan serta melestarikan kepemimpinan, perlu akan adanya kaderisasi sehingga akan selalu mencetak aset-aset pemimpin. Begitu pula dalam kaderisasi, diperlukan sebuah kepemimpinan dalam menjalankan sistem kaderisasi tersebut. Permasalahan yang timbul adalah kepemimpinan serta kaderisasi seperti apakah yang cocok dalam suatu kondisi serta lingkungan tertentu, dalam hal ini dalam ruang lingkup Keluarga Mahasiswa .

Kepemimpinan, menurut Max Weber, adalah sebuah ilmu serta seni untuk mempengaruhi orang lain agar bertindak sesuai dengan arahan kita demi mencapai sebuah tujuan bersama.Selain itu, ada juga yang menyebutkan bahwa kepemimpinan adalah sesuatu yang muncul dari dalam dan merupakan buah dari keputusan seseorang untuk mau jadi pemimpin, baik bagi dirinya sendiri, bagi keluarganya, bagi lingkungan pekerjaannya, maupun bagi lingkungan sosial dan bahkan bagi negerinya. Dalam sebuah riset, salah satu dari 10 ketakutan terbesar dalam hidup adalah ketika disuruh untuk berbicara di depan orang banyak. Hal tersebut merupakan sebuah modal dasar dalam kepemimpinan, sehingga dapat ditarik secara logis bahwa banyak orang yang masih takut atau tidak mau ketika diberi kesempatan untuk memimpin sekelompok orang di sekitarnya. Kepemimpinan merupakan sebuah syarat mutlak dalam pengembangan sebuah organisasi. Namun, tidak selalu kepemimpinan berjalan lancar dalam organisasi, banyak faktor yang perlu dijadikan pertimbangan dalam penerapan kepemimpinan ideal di dalam sistem KM FK UA, antara lain gaya kepemimpinan masing-masing individu yang berbeda-beda, serta kepribadian dari pemimpin itu sendiri, sehingga dapat dinilai dari bawahannya,apakah pemimpinnya itu sudah dapat dijadikan panutan atau belum. Salah satu faktor yang disebutkan di atas, yaitu variabel gaya kepemimpinan, adalah hal yang sangat penting karena mencerminkan apa yang dilakukan oleh pemimpin dalam mempengaruhi pengikutnya demi merealisasikan visinya.
Kaderisasi adalah suatu proses untuk menciptakan kader-kader baru yang siap dalam menjalankan organisasinya, sehingga tak dapat dipungkiri bahwa kaderisasi adalah nyawa dari organisasi. Proses kaderisasi bertujuan agar anggota baru memahami visi dan misi organisasi, sehingga setelah masuk ke dalam organisasi tersebut maka keberlangsungan organisasi dapat tetap terjamin. Kaderisasi dalam setiap organisasi berbeda-beda, tergantung dari kebutuhan masing-masing organisasi, sebagai contoh adalah kaderisasi KPLA berbeda dengan kaderisasi Assalam. Begitu juga dalam penerapan sebuah sistem kaderisasi yang ideal dalam Keluarga Mahasiswa .

sumber : http://nofaal.wordpress.com/2010/01/02/kepemimpinan-dan-kaderisasi-ideal-dalam-sistem-keluarga-mahasiswa-fk-unair/

Organisasi Dalam Lingkungan

Perencanaan sumber daya manusia.

Perencanaan sumber daya manusia disusun untuk menjamin bahwa kebutuhan tenaga kerja bagi organisasi tetap terpenuhi secara konstan dan memadai.

Rekruitmen dan seleksi karyawan. Rekruitmen adalah proses pengumpulan kandidat untuk dipekerjakan pada unit-unit organisasi. Perusahaan harus mengisi kekosongan jabatan melalui rekruitmen internal maupun eksternal. Pasar tenaga kerja bisa diperoleh pada perusahaan-perusahaan sendiri, perusahaan lain atau kombinasi dari keduanya. Seleksi adalah proses yang menentukan "ya" atau "tidak"-nya seseorang bekerja di suatu perusahaan. Seleksi merupakan proses pencarian karakter pekerja yang pas untuk menduduki jabatan yang lowong. Dasar untuk mendapat kualitas pekerja yang optimal memerlukan analisa jabatan yang secara sistematis mempelajari dan merangkum hasil pekerjaan terdahulu untuk dicari kecocokan dengan pelamar.

Pengembangan sumber daya manusia.

Pengembangan sumber daya manusia merupakan usaha untuk menyediakan tenaga kerja dengan kemampuan yang dibutuhkan di masa depan. Program ini adalah program jangka panjang, bertujuan mengurangi ketergantungan perusahaan dalam merekrut karyawan baru yang memerlukan waktu dan biaya cukup besar hingga mereka menjadi tenaga trampil sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pemberian training, workshop, seminar, sesuai dengan kebutuhan organisasi merupakan syarat mutlak bagi perusahaan dalam mengembangkan dan mengelola sumber daya manusia. Training dirancang untuk menyediakan sumber daya manusia yang memiliki keahlian khusus atau bisa membantu mereka dalam mengoptimalkan kualitas kerja. Banyak perusahaan memberikan training dalam rangka promosi jabatan.

Untuk menentukan kebutuhan pelatihan, ada tiga cara yang bisa digunakan, yaitu:

  1. Analisa organisasi. Kebutuhan latihan ditentukan untuk mendukung misi perusahaan berdasarkan kegiatan yang berlangsung di perusahaan. Untuk itu pelatihan selalu dikaitkan dengan tujuan, prioritas, dan budaya perusahaan. Kebutuhan pelatihan juga ditentukan oleh tersedianya instruktur, fasilitas, sumber dana, dan adanya program pelatihan lain.
  2. Analisa pekerjaan dan tugas. Pelaksanaan training harus memperhatikan secara saksama akan tugas dan tanggung jawab dari karyawan.
  3. Analisa individu. Dalam analisa ini ditentukan siapa saja yang berhak mengikuti program pelatihan dengan mengacu pada tingkat ketrampilan atau kemampuan masing-masing individu.

Kesejahteraan dan retensi karyawan.

Prinsip utama program kesejahteraan karyawan adalah kesejahteraan yang diberikan oleh perusahaan paling tidak sebanding dengan konstribusi yang diberikan agar karyawan tersebut bisa bekerja dalam waktu yang lama atau dinamakan meretensi karyawan.

Prinsip-prinsip untuk meretensi karyawan tersebut adalah:

  1. Program kesejahteraan harus memuaskan kebutuhan riil karyawan.
  2. Kesejahteraan karyawan yang bisa menumbuhkan rasa bekerja sama dalam tim akan lebih efisien dibandingkan mengerjakan secara individu.
  3. Karakter yang dibentuk harus bisa fleksibel agar mudah diadaptasikan jika terjadi perubahan kebutuhan dasar karyawan.
  4. Jika antara perusahaan dan karyawan terjadi hubungan yang sama-sama menguntungkan, maka harus ada rencana dan dikomunikasikan dengan baik.
  5. Program kesejahteraan karyawan yang diberikan harus bisa dihitung dan provisinya dibuat seakan-akan perusahaan memberikan bantuan keuangan.
  6. Adalah penghargaan yang diberikan untuk menjamin kesejahteraan karyawan dan anggota keluarganya. Biasanya dianggap kompensasi tidak langsung, karena berbentuk program seperti asuransi kesehatan atau jaminan rawat inap.
Sistem penggajian.

Sasaran menyeluruh sistem penggajian adalah untuk mengembangkan sekumpulan prosedur yang memungkinkan perusahaan untuk menarik, menahan, dan memotivasi karyawan yang berkualitas serta untuk mengendalikan biaya pembayaran gaji. Karena tidak ada satu pola yang dapat digunakan secara universal maka prosedur ini harus disesuaikan dengan kebijakan gaji tiap-tiap organisasi, dan adil bagi prusahaan dan karyawan.

Hubungan kerja/komunikasi.

Pentingnya komunikasi dalam perusahaan karena tanpa komunikasi yang baik, maka segala perintah pimpinan akan dapat ditafsirkan lain oleh bawahan. Begitu juga dengan pelanggan, perlu dibina komunikasi yang baik agar hubungan bisa bertahan lama. Komunikasi merupakan proses pengiriman informasi dari satu orang ke orang lain atau dari organisasi ke organisasi lain. Proses komunikasi diangap efektif apabila informasi yang diberikan itu bisa dimengerti dan mendapat respon atau umpan balik dari komunikan.


Pada waktu penerimaan pegawai, manajemen perusahaan harus memperhatikan betul mengenai program pengenalan lingkungan kerja yang baru agar hubungan kerja dan komunikasi bisa berjalan dengan lancar. Dengan pendekatan sistematis, karyawan baru akan cepat mengerti departemen kerja, teman sekerja dan job description yang diberikan. Salah satu faktor sukses perusahaan untuk dapat bertahan dan mengembangkan usahanya adalah penguasaan komunikasi dengan menggunakan berbagai media termasuk penggunaan teknologi informasi yang tepat guna.
Kepemimpinan.

Kepemimpinan adalah intuisi yang didukung oleh penguasaan skill dan secara sistematis memimpin suatu unit kerja. Ada tiga faktor penting yang menunjang keberhasilan suatu perusahaan:

  1. Pengembangan kepemimpinan. Kepemimpinan yang buruk merupakan penyebab utama kegagalan bisnis suatu perusahaan.
  2. Pengembangan ketrampilan manajemen. Untuk memenangkan persaingan global, perusahaan harus mencari terobosan baru dalam mengembangkan kepemimpinan dan memulihkan motivasi karyawannya.
  3. Imbalan atas kinerja. Faktor imbalan dipercaya sebagai salah satu cara yang efektif untuk meretensi karyawan. Program kompensasi harus dipandang lebih dari sekadar suatu hak, agar perusahaan mendapatkan nilai yang seimbang dengan kompensasi yang diberikan.
sumber : http://www.pnm.co.id/content.asp?id=310&mid=77

Selasa, 11 Mei 2010

Tips Merawat HP

Sekarang ini HP bukan lagi merupakan barang yang begitu mewah (kecuali yang memang harganya mahal), hampir semua orang memilikinya. Dri orang tua sampai anak SD pun sudah punya. HP sekarang pun bukan hanya sekedar untuk telpon atau sms saja. Tapi untuk musik juga bisa, photo bisa, video bisa, internet juga bisa, pokoknya sudah canggih deh. Yang dahulu rata-rata hanya orang yang tergolong kaya yang punya, sekarang sudah berubah. Tukang becak ada yang punya, supir angkutan juga ada yang punya, bahkan pengemis pun juga ada yang punya, sudah canggih pula. Apa kata dunia? Tapi sudah beli hp mahal-mahal, baru sebentar sudah rusak. Rugi kan? Bagaimana ya cara merawat agar tidak cepat rusak? Mungkin cara ini bisa di jadikan pilihan:

Merawat baterai.
Kenali jenis Baterai anda , Lithium (Li-ion) atau bukan (NiCad atau NiMH). Perbedaan kedua jenis baterai ini, menurut pakar sangat mendasar. Jenis Lithium bisa di charge kapan saja tanpa menunggu baterai baterai habis. Jenis Nickel membutuhkan perhatian lebih khusus, karena harus menunggu listriknya benar-benar habis, sampai tidak bisa lagi dipakai untuk menghidupkan hp, sebelum hp di charge. Agar baterai tidak cepat rusak, pengecasan baterai harus mengikuti intruksi yang ada di petunjuk manual book. Ada baiknya saat baterai di charge, hp dalam kondisi mati, agar proses pengecasan lebih sempurna.

Hindarkan hp dari air & panas.
Perangkat keras hp sangat rentan terhadap air dan panas. Jauhkan hp Anda dari keduanya. Jika Anda menggunakan kendaraan sebaiknya hp Anda letakan ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Pancaran sinar matahari bisa mengganggu kualitas layar hp Anda.

Jangan meletakkan hp dekat barang-barang elektronik lain.
Kenapa tidak boleh meletakan hp didekat alat elektronik lain seperti komputer, karena keduanya bisa saling merusak, akibat gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh kedua benda itu.

Gunakan pelindung.
Untuk menjaga casing tetap mulus, sebaiknya menggunakan sarung hp. Selain mengurangi resiko tergores, benturan ataupun terjatuh, tampilan hp juga lebih menarik.

Bersihkan hp secara berkala.
Bersihkan hp secara berkala dengan menggunakan kain pembersih yang kering. Jenis kain yang bisa digunakan untuk membersihkan terbuat dari bahan katun agar LCD tidak tergores. Bagian dalam hp juga sebaiknya dibersihkan, yaitu dengan membuka bagian belakang hp, lalu keluarkan sim card dan baterai kemudian bersihkan bagian tersebut dengan kuas/cotton bud. Bagian-bagian yang perlu dibersihkan adalah bagian konektor pemantik yang bergesekan langsung dengan mesin.

Jangan menggunakan aksesoris palsu.
Penggunaan aksesoris asli lebih menjamin keawetan ponsel Anda. Penggunaan casing palsu bisa merusak kinerja hp secara tidak langsun. Biasanya bentuk dan ukuran casing palsu tidak pas dengan hp dan hal ini bisa merusak beberapa bagian ponsel.

Rawat Kamera.
Saat membersihkan lensa kamera atau layar hp jangan pernah menggunakan kapas atau tisu. Serbuk-serbuk kecil dan kotoran yang menempel pada lensa tidak bisa dibersihkan dengan kapas atau tisu, justru akan menambah kotor kamera Anda. Sebaiknya gunakan kain pembersih dari kain yang lembut dan mudah menyerap air.

Jangan merubah setting hp jika tidak mengerti.
Seringkali kita mengotak-atik hp tapi tidak tahu apa maksudnya. Merubah setting dengan langkah yg salah sangat rawan, bila tidak sesuai maka hp seringkali hank tau tidak bisa di gunakan. Bila hendak merubah setting hp, hendaknya ikuti petunjuk, tanya pada counter-counter terdekat, atau juga bisa tanya teman yang mengerti.

Jangan membuat pasword sembarangan.
Agar aman, kita sebaiknya membuat pasword agar terlindung dari tangan jail. Tapi pasword harus selalu di ingat, jangan pasword yg sulit-sulit, yg gampang saja buat kamu, tapi sulit bagi orang laen. Jangan sembarangan, nanti lupa, dan hp tidak bisa aktif, atau sim card bisa juga di blokir.

Jangan di pinjamkan kE orang yg salah.
Jangan pinjamkan hp ke orang yg tidak terpercaya. Biasa saja orang itu mempunyai niat buruk, merubah setting HP, membaca sms kita, atau bisa juga mencuri kartu memory, atau bahkan hpnya yg di curi . Bahaya kan!

Hati-hati dengan bluetooth.
Saat selesai memakai bluetooth, hendaknya segera dimatikan, jangan hidup terus. Atau bila ada aplikasi yang masuk lewat bluetooth yang tidak jelas, jangan di terima. Bisa saja itu virus atau aplikasi yang tidak bertanggung jawab.

Sekian tips dari saya. Jika ada yang mau menambahkan silahkan. Bisa Email saya, agar bisa saya tampilkan di blog ini. Semoga tips ini bermanfaat.

sumber : http://vevegm.blogspot.com/2010/05/tips-merawat-hp.html

Pengetian , Komponen , Dan Fungsi Manajement Strategi

Pengertian Manajemen Strategi

Manajemen strategi adalah suatu seni (keterampilan), teknik, dan ilmu merumuskan, mengimplmentasikan, dan mengevaluasi serta mengawasi berbagai keputusan fungsional organisasi (bisnis dan non bisnis) yang selalu dipengaruhi oleh lingkungan internal dan eksternal, yang senantiasa berubah sehigga memberikan kemampuan kepada organisasi untuk mencapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan. Defnisi ini secara tidak langsung menunjuk dan memusatkan pada pengintegrasian manajemen, pemasaran, sumberdaya manusia, keuangan,riset dan pengembangan.

Proses manajemen strategi terdiri dari 4 (empat) tahapan:

(a) perumusan (formulasi) strategi,

(b) implementasi strategi, dan

(c) evaluasi strategi.

Dalam suatu organisasi yang besar, proses formulasi, implementasi, evaluasi dan pengawasan strategi terdapat pada 3 (tiga) tingkatan hirarki, yaitu :

1.tingkatan corporate,
2.tingkatan unit bisnis (divisi),
3. tingkatan fungsional.

KOMPONEN PROSES MANAJEMEN STRATEGI

1. Misi Perusahaan (organisasi), menggambarkan tujuan atau alasan mengenai keberadaan organisasi (perusahaan). Di dalam misi telah mencakup tipe, ruang lingkup dan karekteristik aktivitas yang akan dikerjakan

2. Tujuan, yang merupakan hasil akhir dari suatu aktivitas atau kinerja.Dalam tujuan ini akan dtegaskan apa yang akan dicapai, kapan, berapa yang harus dicapai.

3. Strategi, yaitu keterampilan dan ilmu memenangkan persaingan. Karena persaingan merupakan perebutan pangsa pasar (konsumen), sedangkan konsumen stiap saat mengalami perubahan, maka strategi harus dikelola sedemikian rupa agar tujuan jangka pendek, menengah, dan jangka panjang perusahaan dapat trcapai.

4. Kebijakan, yaitu cara mencapai tujuan perusahan. Kebijakan meliputi garis pedoman, aturan dan peraturan serta prosedur guna mendukung usaha pencapaian tujuan.

5. Profil Perusahaan, yang menggambarkan keaadan perusahaan baik dari sisi keuangan, sumberdaya manusia, dan sumberdaya pisik.


I.Fungsi Produksi Dalam Manajemen Strategi

Produksi merupakan nama lain dari operasi. Fungsi produksi dikejakan oleh orang-orang yang ada di dalam organisasi yang bertugas menghasilkan barang dan jasa (produk) yang nantinya akan dikirim kepada konsumen. Produk yang dihasilkan baik ukuran, kuantitas, kualitas, maupun harganya harus sesuai dengan karekteritik konsumen, karena jika tidak konsumen akan menolaknya. dari sisi produsen. Jadi pada akhirnya konsumen adalah penentu segala-galanya.


II.Fungsi Pemasaran Dalam Manajemen Strategi

Fungsi pemasaran merupakan dimensi pertama dan utama dari perusahaan. Pemasaran berada pada garis terdepan karena akan berhadapan langsung dengan masyarakat konsumen. Pemasaran meliputi: perencanaan dan pelaksanaan penetapan harga, promosi, dan distribusi produk. Pmasaran juga harus dapat mengetahui secara tepat setiap perubahan yang terjadi dengan prilaku konsumen. Dari hasil pemantauan pemasaran ini dibawa ke rapat manajemen puncak untuk dibahas dan dirumuskan dalam proses manajemen strategi. Analisis pasar akan meliputi: analisis pasar, analisis kecenderungan pasar, analisis peluang pasar, dan analisis segmentasi pasar. Prinsip utama dalam pemasaran adalah bagaimana mengupayakan agar produk yang dihasilkan dapat diterima konsumen.


http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/05/pengertian-komponen-dan-funsi-fungsi-dalam-manajemen-strategi/


Program komputer dan Pemrograman

Program komputer (sering kali disebut sebagai program saja) merupakan suatu aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa program tertentu dan telah ter-install di dalam komputer. Program komputer merupakan contoh perangkat lunak komputer yang menuliskan aksi komputasi yang akan dijalankan oleh komputer. Komputasi ini biasanya dilaksanakan berdasarkan suatu algoritma atau urutan perintah tertentu.Urutan perintah (atau algoritma)merupakan suatu perangkat yang sudah termasuk dalam program komputer tersebut.Tanpa algoritma tersebut,program komputer tak dapat berjalan dengan baik.


Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk dapat melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan di banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.

Pemrograman adalah sebuah seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan sebuah bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi sebuah program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.

Apakah memprogram perangkat lunak lebih merupakan seni, ilmu, atau teknik telah lama diperdebatkan. Pemrogram yang baik biasanya mengkombinasikan tiga hal tersebut, agar dapat menciptakan program yang efisien, baik dari sisi waktu berjalan (running time), atau memori.

Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya-gaya pemrograman yang berbeda (paradigma pemrograman. Pilihan bahasa pemrograman dipengaruhi oleh banyak alasan, seperti kecocokan dengan kriteria program yang akan dibuat.

Beberapa bahasa pemrograman adalah :

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman


ORGANISASI DAN METODE

ORGANISASI

Secara sederhana, organisasi adalah suatu kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang ada. Organisasi ialah suatu wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama, agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Ciri-ciri organisasi ialah:
1) terdiri daripada dua orang atau lebih
2) ada kerjasama
3) ada komunikasi antar satu anggota dengan yang lain
4) ada tujuan yang ingin dicapai.

Organisasi dapat dilihat dengan dua cara berbeda, yaitu:
1) organisasi sebagai suatu sistem terbuka yang terdiri atas sub-sistem yang saling berkaitan, dan memperoleh input untuk diolah yang berasal dari lingkungan serta menyalurkan output hasil pengolahan ke lingkungan kembali
2) organisasi sebagai sekelompok orang yang berkerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama (Monir H. Thayeb).

Organisasi dapat diartikan dalam dua macam, yaitu:

* Dalam arti statis, yaitu organisasi sebagai wadah tempat dimana kegiatan kerjasama dijalankan.
* Dalam arti dinamis, yaitu organisasi sebagai suatu sistem proses interaksi antara orang-orang yang bekerjasama, baik formal maupun informal.

Sinonim Organisasi

Institusi/lembaga;
Kelompok yang menampung aspirasi masyarakat; punya aturan tertulis atau tidak; tumbuh dalam masyarakat; mencapai tujuan bersama; dibentuk oleh pemerintah atau swasta.

Suatu organisasi harus memuat 4 unsur utama, yaitu:

1) goals oriented (berorientasi tujuan)
2) Psychosocial system (sistem hubungan sosial)
3) structured activities
4) technological system.

Perbedaan Organisasi :

* Structure ; staff, line, matriks
* Strategy ; Growth Strategy, Diversification, Defensive, Minimizing Internal Problem
* Style ; Autocratic Style, Participative Style, Free Rein Style
* Skill : Keahlian / Keterampilan
* Staff ; Jenjang, Latar Belakang, Karakteristik
* Share Value : Superordinate Goals
* System : POAC

Pendekatan Terhadap Organisasi :

* Pendekatan Klasik
* Pendekatan Neo-Klasik
* Pendekatan Modern

Kesimpulan:
Organisasi adalah:
1) wadah atau tempat terselenggaranya administrasi
2) didalamnya terjadi berbagai hubungan antar-individu maupun kelompok, baik dalam organisasi itu sendiri maupun keluar
3) terjadinya kerjasama dan pembagian tugas
4) berlangsungnya proses aktivitas berdasarkan kinerja masing-masing.

METODE

Berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien

Pengertian organisasi dan metode secara lengkap adalah :

Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan

BENTUK ORGANISASI

1. Organisasi Garis

Bentuk organisasi tertua dan paling sederhana. Ciri-ciri bentuk organisasi ini adalah organisasinya masih kecil, jumlah karyawannya sedikit dan saling mengenal serta spesialisasi kerja belum tinggi.

2. Organisasi Garis dan staf

Dianut oleh organisasi besar, daerah kerjanya luas dan mempunyai bidang tugas yang beraneka ragam serta rumit dan jumlah karyawannya banyak. Staf yaitu orang yang ahli dalam bidang tertentu, tugasnya memberi nasihat dan saran dalam bidang kepada pejabat pimpinan di dalam organisasi.

3. Organisasi fungsional

Organisasi yang disusun atasdasar yang harus dilaksanakan organisasi ini dipakai pada perusahaan yang pembagian tugasnya dapat dibedakan dengan jelas.

4. Organisasi Panitia

Organisasi dibentuk hanya untuk sementara waktu saja, setelah tugas selesai maka selesailah organisasi tersebut.

5. Organisasi Lini dan Staf

Staf tugasnya memberi layanan dan nasihat kepada manager dalam pelaksanaan suatu kegiatan. Tugas yang dilakukan oleh ini merupakan tugas-tugas pokok dari suatu organisasi atau perusahaan


http://novira1311.wordpress.com/2009/10/23/organisasi-dan-metode-dalam-perusahaan/