Minggu, 25 April 2010

UPACARA POTONG GIGI METATAH/MESAGIH

Upacara potong gigi metatah/mesagih di Bali ini terkenal sampai luar negeri loch ..Bahkan banyak turis asing sengaja datang melihatnya . Orang Bali biasa menyebutnya mepandes atau upacara manusia yadya . Mepandes ini salah satu upacara keagamaan Hindu di Bali . Mm,... kira kira apa saja yang dilakuin di upacara ini yaa ?? Stepone, di upacara ini 6 bagian atas gigi yang berbentuk taring bakal dikikis .

Kedengerannya seereeeeemmm !! Tapi tradisi ini justru punya manfaat bagus dan gigi kita yang semula ngga rata . jadi lebih rapi .

Upacara ini wajib dilakuinuntuk orang orang yang memeluk agama HIndu dan khususuntuk remaja yang bakal menuju dewasa .Kalau menurut pemeluk agama Hndu , tujuan dari tradisi ini,biar bisa membunuh enam musuh dalam diri manusia yang dianggap kurang baik,bahkan sering dianggap musuh dalam diri sendiri. Namanya Sad Ripu yang terdiri Kama (hawa nafsu), Loba(ketamakan) , Krodha(marah yang melampui batas dan tidak terkendalikan , Mada(kebingungan/kurang mampu berkonsentrasi sehingga akibatnya individu tidak dapat menyelesaikan tugas dengan sempurna), Matsarya(iri hati/dengki yang menyebabkan permusuhan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar